7 Manfaat Menakjubkan dengan Mengkonsumsi Susu Kedelai

Pada dasarnya tubuh manusia membutuhkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya, ketika kebutuhannya tak dipenuhi maka akan rentan terjangkit berbagai jenis penyakit, diantaranya adalah kwashiorkor atau kekurangan protein. Peran protein di dalam tubuh sendiri sebagai at yang digunakan untuk regenerasi sel-sel dan juga pembangun. Bukan hal yang mustahil saat jumlah protein kurang Anda akan merasa mudah sekali lemas. Sumbernya banyak mulai dari protein hewani yang berasal dari daging dan ikan hingga nabati dan olahannya. Kebanyakan masyarakat untuk mencukupi kebutuhan sumber zat pembangun tubuh tersebut adalah dengan konsumsi susu, baik itu susu sapi, maupun susu kedelai.

Produk susu sapi memang memiliki rasa yang enak, namun tak jarang juga diantara anak-anak yang memiliki alergi terhadap protein hewani tersebut. Sehingga menggantinya dengan susu soya. Dari segi rasa dua produk tersebut tak jauh berbeda, hanya saja sumber pembuatnya untuk susu biasa dari sapi, sedangkan susu soya berasal dari kedelai. Untuk masalah ketahanan tentunya berbeda, karena nyatanya susu soya lebih mudah basi dibandingkan dengan susu sapi.

manfaat-susu-kedelai

Lalu bagaimana dengan kandungan nutrisi yang ada didalamnya?, salah jika Anda mengira bahwa susu sapi jauh lebih lengkap nutrisinya, karena sebenarnya sama saja. Bahkan ada beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam susu kedelai namun tak ada pada produk susu sapi. Ketahui juga manfaatnya bagi kesehatan, agar Anda lebih gemar mengkonsumsi produk yang satu ini, diantaranya adalah:

  1. Obat bagi masalah intoleransi laktosa, seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahkan ada kondisi dimana beberapa orang mengalami masalah terhadap laktosa atau protein dari susu sapi sehingga menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare setelah dikonsumsi. Susu soya dapat dijadikan sebagai pengganti dan juga obat terbaik.
  2. Dapat mengatasi masalah autisme, patut untuk diketahui bahwa protein yang ada pada produk susu sapi sangat tinggi kandungan kafein dan juga gluteinnya. Hal tersebut tak dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh sehingga menyebabkan gangguan fungsi otak dan penderita autisme menjadi kian hiperaktif.
  3. Dapat mencegah penyakit jantung dan juga stroke, salah satu sumber masalah jantung adalah plak yang menumpuk dalam aliran darah, jika dibiarkan terus menerus hal ini dapat mengganggu kinerja jantung dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh, ia akan bekerja secara cepat dan berpotensi mengalami kerusakan. Namun kandungan vitamin E dapat mencegah timbulnya plak tersebut.
  4. Mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam jarah, sebenarnya kolesterol sendiri terbagi atas 2 macam yaitu baik dan jahat. Susu soya ini memiliki kemampuan dalam mencegah kolesterol jahat untuk menumpuk dalam pembuluh darah.
  5. Mencegah penyakit kanker, senyawa antioksidan yang ada dalam susu soya memiliki manfaat yang sangat besar didalam menghambat bibit-bibit kanker untuk berkembang biak di dalam tubuh.
  6. Kurangi resiko diabetes. Hal yang menyebabkan penyakit gula darah tinggi ini adalah tak seimbangnya kadar insulin yang ada dalam tubuh, terkadang pankreas mengalami masalah sehingga tak dapat memproduksinya, susu soya dengan kandungan yang baik dapat menjaga keseimbangan kadar insulin yang ada di dalam tubuh.
  7. Dapat menjaga berat badan Anda, jika membandingkan kandungan karbohidrat yang ada di dalam susu sapi biasa dan soya perbedaannya hingga 3 kali lipat lebih sedikit, sehingga Anda tak perlu takut gemuk.

Susu kedelai bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasaran dengan harga cukup terjangkau.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *