Alasan Mengapa Uban Juga Bisa Muncul Pada Dewasa Muda

Nggak hanya orangtua, rambut putih ini nggak jarang ditemui pada mereka yang berumur 20-an tahun.

Seperti yang tertera pada laman nationalgeographic.co.id, pada dasarnya warna rambut seorang manusia adalah abu-abu (putih). Sejak manusia lahir, sel-sel di dasar rambut menghasilkan warna alami. Namun seiring dengan bertambahnya usia, akan semakin banyak sel yang mati. Inilah yang membuat rambut memutih. Secara alami, proses perubahan keseluruhan warna rambut berlangsung 10 hingga 20 tahun.

Namun mengapa uban juga bisa muncul pada dewasa muda? Menurut Associate Professor dari NYU School of Medicine, Roshini Rajapaksa, rambut beruban erat kaitannya dengan etnis seseorang. Penelitian tersebut mengatakan bahwa etnis Kaukasian cenderung mengalami rambut beruban lebih cepat dibandingkan dengan orang Asia dan Afrika-Amerika.

Bukan cuma itu, riwayat keluarga juga bisa menentukan apakah uban di kepalamu tumbuh lebih cepat atau nggak. Faktor gaya hidup dan lingkungan pun menjadi penyebab uban tumbuh lebih cepat, seperti merokok, sering terkena sinar ultraviolet, dan polusi udara. Dalam beberapa kasus, uban di usia muda bahkan bisa dijadikan sebagai tanda adanya masalah kesehatan. Dan di sisi lain, nggak sedikit orang yang mengaitkan timbulnya uban dengan tingkat stres.

Bagaimana dengan uban yang mulai tumbuh di kepalamu? Jika ingin mengetahui penyebabnya secara spesifik, konsultasikan pada dokter. Jangan disepelekan ya, Bright Friends.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *