Berbagai Jenis Tipe Gitar yang Dikenal Saat Ini

Salah satu alat musik yang sangat populer di seluruh dunia adalah gitar. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini memiliki suara yang khas dan paling sering digunakan dalam semua jenis musik. Mulai dari musik pelan dan halus sampai dengan musik keras dan cepat, semua aransemennya selalu menggunakan gitar. Beberapa musisi terkenal dunia yang sangat mahir dalam memainkan alat musik ini diantaranya adalah Joe Satriani, Jimi Hendrix, Jimmy Page, dan masih banyak lagi lainnya.

gitar

Gitar atau ‘guitar’ dalam Bahasa Inggris, diambil dari nama sebuah alat musik kuno dari Persia yang dikenal dengan sebutan citar atau sehtar. Alat musik ini terus berkembang karena dibawa oleh bangsa Yunani dan juga Romawi hingga menjadi gitar yang saat ini kita ketahui. Saat ini ada beberapa jenis gitar namun umumnya dapat dibagi menjadi dua yaitu gitar akustik dan gitar elektrik atau biasa disebut juga gitar listrik.

Gitar akustik biasanya memiliki lubang khusus pada bagian body gitar, lubang ini biasa disebut dengan nama lubang resonansi. Fungsi dari lubang resonansi ini adalah untuk memperbesar bunyi yang dihasilkan oleh dawai/senar gitar. Gitar akustik ini juga biasanya terbagi lagi menjadi dua berdasarkan senarnya yaitu gitar nilon dan gitar string.

Gitar elektrik adalah gitar yang memang dirancang untuk dimainkan dengan bantuan alat yang dihubungkan ke sound khusus seperti amplifier gitar. Suara yang dihasilkan oleh gitar ini juga dapat berbeda-beda dengan menggunakan tambahan efek gitar.

Harga gitar tentunya sangat variatif, tiap tipe dan merek gitar memiliki harga yang berbeda. Biasanya gitar akustik memiliki harga gitar murah dibandingkan dengan gitar elektrik. Tetapi tentunya gitar dengan kualitas yang bagus akan memiliki harga spesial juga.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *