Cara Memijat Bayi Dengan Benar

Ternyata bukan hanya orang dewasa saja yang membutuhkan pijat, melainkan bayi pun juga. Meskipun sama-sama dipijat, namun tentunya teknik yang digunakan pun berbeda, mengingat kondisi tubuh yang berbeda pula. Terlebih pijat untuk bayi, bayi yang masih sangat rentan memang memerlukan perlakukan khusus, sehingga pijat tersebut harus diimbangi dengan wawasan mengenai cara memijat bayi hingga teknik apa yang harus digunakan saat memijat bayi.

pict-of-cara-memijat-bayi

Nah untuk Bunda yang memiliki bayi, berikut ini akan kami paparkan mengenai cara memijat bayi dengan benar.

  • Bagian Tungkai

Tungkai dianggap menjadi bagian yang tepat untuk memulai pemijatan. Hal itu dikarenakan tungkai memiliki tingkat sensitifitas yang rendah sehingga tidak akan membuat bayi merasa kaget ataupun geli.

Gunakan baby oil untuk melakukan pemijatan agar bayi bisa merasakan sensasi hangat yang dihasilkan dari baby oil tersebut. Berikan pijatan lembut mulai dari paha ke arah bawah hingga turun ke bagian betis.

Lalu Bunda bisa melanjutkan pemijatan pada bagian punggung kaki dengan teknik memutar. Berikan usapan lembut di pergelangan kaki hingga jari kaki. Setelah itu Bunda bisa beralih pada telapak kakinya. Selanjutnya, Bunda bisa memijat jari-jemarinya. Saat melakukan pemijatan pada jemarinya, Bunda bisa menggunakan ibu jari atau telunjuk, lalu tarik lembut. Lakukan hal yang sama pada seluruh jarinya.

  • Bagian Lengan

Pemijatan selanjutnya adalah pada bagian lengan. Bunda dapat mulai memijat dari lengan atas dan berlanjut pada pergelangan tangan. Untuk pergelangan tangan ini bisa dilakukan gerakan lembut secara memutar, ulangi beberapa kali. Lalu pijat telapak tangan si kecil menggunakan ibu jari Bunda. Setelah itu pijat lembut jemari tangannya.

  • Bagian Dada

Bunda bisa memulai pemijatan dengan meletakkan kedua tangan Bunda di atas jantung bayi. Selanjutnya berikan pijatan lembut ke arah luar dan imbangi dengan tekanan lembut. Lakukan gerakan yang sama beberapa kali. Lalu letakkan tangan Bunda di atas dadanya, dan pijat lembut searah dengan paha.

  • Bagian Punggung

Beralih pada bagian punggung. Bunda bisa memposisikan bayi dalam posisi tengkurap. Lakukan pemijatan mulai dari tulang belakang leher sampai bokong dengan ujung jari Bunda. Terakhir, berikan pemijatan secara menyeluruh, mulai dari bahu hingga kaki.

Nah, bagaimana Bunda? Cukup mudah untuk diterapkan bukan? Saat semua proses pemijatan usai, Bunda dapat memakaikan popok dan baju si kecil kemudian memeluknya. Umumnya, si kecil akan cepat terlelap setelah dipijat karena kenyamanan yang dirasakan saat dipijat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *