Cara Mudah Mengatasi Anak Susah Makan

Melihat anak makan dengan lahap adalah kebahagiaan tersendiri bagi Anda para Ibu. Terlebih bayi sudah mulai menjalankan program Mpasi-nya. Namun sebaliknya, Anda akan sangat khawatir ketika bayi tiba – tiba susah makan. Bahkan makanan kesukaannya pun juga diabaikan. Selain khawatir akan kesehatan si kecil, Anda pasti juga khawatir jika nantinya berat badan bayi akan turun.

Bayi yang belum bisa mengkomunikasikan keinginannya secara langsung ini tentu menambah rasa khawatir bagi Anda. Yang Anda tahu biasanya bayi makan makanan jenis ini dengan lahap hingga akhirnya menyimpulkan bahwa makanan ini adalah makanan yang menjadi favorit si kecil. Dan ketika si kecil mendadak mogok makan, sebaiknya Anda tenang dulu dan coba pikirkan solusinya.

Bagi Anda yang tengah bingung bagaimana mengatasi anak yang susah makan, berikut akan kami berikan ulasan mengenai cara mudah mengatasi anak yang susah makan.

Sajikan dalam porsi kecil

Anda harus selalu ingat jika lambung si kecil tidaklah sama dengan lambung Anda. Dalam hal ini terletak pada ukurannya, karena bayi masih kecil, maka lambungnya pun masih kecil. Oleh karena itu sajikanlah makanan untuk bayi dalam porsi yang kecil juga ya. Dan Anda bisa menyuapinya sedikit demi sedikit. Memang akan membutuhkan waktu yang lama, namun itu lebih baik daripada bayi tidak mau makan sama sekali.

Buatlah variasi makanan

Walaupun bayi belum bisa bicara secara langsung manakah makanan yang menjadi favoritnya, tapi setidaknya dari respon yang diberikan bayi Anda sudah bisa menyimpulkannya. Saat bayi susah makan, coba siapkan beberapa variasi makanan lalu suapilah anak Anda, lalu perhatikan respon yang diberikannya, dari sini Anda bisa melihat manakah makanan yang paling disukai anak.

Sajian yang menarik

Anak kecil juga bisa merasa bosan loh, jadi Anda pun harus bisa memberikan sajian yang menarik untuk si kecil. Apalagi seiring pertumbuhannya, si kecil akan mulai bisa berbicara untuk menyatakan kebosanannya. Untuk itu pintar – pintarlah menyajikan makanan dengan sajian yang menarik. Anda bisa membentuk makanan menjadi tokoh kartun favorit si kecil dan lainnya.

Jadikan waktu makan sebagai waktu yang menyenangkan

Selama ini banyak dijumpai kasus dimana ibu sering mengancam anak dengan ini itu agar anak mau makan banyak. Wah, mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan itu ya Bunda. Hal demikian justru membuat anak merasa tidak nyaman saat waktu makan tiba. Bahkan lama kelamaan waktu makan adalah saat – saat yang mengerikan bagi anak karena anak akan ditakuti dengan ini itu agar mau makan.

Selingi dengan camilan

Ternyata bukan hanya orang dewasa saja yang suka ngemil ya, bahkan anak bayi pun juga suka ngemil. Namun bedanya terletak pada menu dan porsinya. Untuk anak yang masih bayi, camilan yang disarankan adalah camilan berupa biskuit atau buah – buahan. Tapi sesuaikan porsinya ya, jangan terlalu banyak agar anak tidak kekenyangan sebelum makan besarnya.

Mengingat anak sedang tidak nafsu makan, setidaknya dengan memberikan selingan berupa camilan akan menambah jumlah makanan yang dikonsumsi anak.

Demikan tadi beberapa cara mudah untuk mengatasi anak atau bayi yang susah makan. Pastikan Anda tenang dulu ya, jangan langsung khawatir jika anak susah makan. Jika Anda tenang, maka akan lebih mudah untuk menemukan solusinya. Perbanyak referensi bacaan Anda agar hal – hal seperti ini bisa segera diatasi sehingga ketika nafsu makan anak atau bayi stabil, maka berat badan bayi pun akan berada pada titik idealnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *