Cemilan Sehat yang Sesuai Untuk Ibu Hamil

Hi moms, menjaga kesehatan bagi ibu hamil adalah  hal penting yang harus dilakukan. Banyak yang merasa ketika hamil, adalah saat dimana nafsu makan akan mudah berubah-ubah. Terkadang ibu hamil mudah sekali merasa lapar dan akhirnya mencari camilan yang bisa melepas rasa lapar. Tetapi pada masa kehamilan, sebaiknya ibu harus selektif dalam memilih cemilan sehat untuk ibu hamil.

Bila ibu terlalu banyak ngemil yang tidak sehat maka akan mudah menimbulkan masalah baru bagi kesehatan seperti obesitas, diabetes, atau hipertensi. Untuk bisa mengontrol kebiasaan buruk ngemil sembarangan saat hamil, lebih baik pilih beberapa cemilan sehat untuk ibu hamil berikut ini:

  • Kacang-kacangan

Kacang mete bisa menjadi pilihan camilan yang sehat untuk ibu hamil. Rasanya yang enak dan gurih mengandung banyak protein yang bergizi dan baik untuk pertumbuhan sel janin. Selain itu, protein juga membantu menambah otot dan sel darah. Tidak hanya kacang mete, ibu bisa juga mencoba kacang almond, atau kenari. Campurkan kacang-kacangan dengan beberapa buah kering seperti kismis, sultana atau apricot sebagai penambah varian rasa.

  • Buah-buahan

Ibu bisa mencoba salad buah yang segar untuk menambah asupan nutrisi berupa vitamin dan mineral. Ibu bisa memanfaatkan jenis buah apa saja yang kaya serat dan vitamin yang dibutuhkan seperti apel, jeruk, pisang atau kiwi. Camilan buah juga mengandung antioksidan tinggi yang penting untuk melindungi tubuh dan janin dari radikal bebas. Supaya lebih nikmat, ibu bisa mencoba membuat smothie dari buah-buahan.

cemilan-sehat-untuk-ibu-hamil

  • Telur rebus

Jarang sekali mengolah telur rebus sebagai cemilan. Namun bagi ibu hamil, mengkonsumsi telur rebus sebagai alternatif camilan yang sangat praktis dihidangkan dan bermanfaat untuk menambah sumber vitamin D dan protein yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan janin.

  • Sereal

Sereal adalah camilan ringan yang mengandung serat juga nutrisi baik untuk ibu hamil. Sereal yang terbuat dari gandum memiliki kadar glikemik sangat rendah sehingga baik untuk ibu hamil. Agar mengkonsumsi cereal menjadi lebih bermanfaat, jangan tambahkan gula.

  • Popcorn

Popcorn adalah camilan sehat untuk ibu hamil selanjutnya. Camilan ini terbuat dari jagung yang di oven dan tidak digoreng. Dalam mengkonsumsi camilan Popcorn, sebaiknya hindari menambahkan mentega dang anti dengan sedikit parutan keju. Selain sehat, keju juga mengandung nutrisi berupa kalsium dan protein yang baik bagi pertumbuhan janin.

Demikian beberapa cemilan sehat untuk ibu hamil. Dan siapa sangka, dibalik kelezatan beberapa camilan di atas, mengandung gizi yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *