Gejala Dan Penyebab Munculnya Kista Endometriosis

Merasa mulas dan kram ringan saat datang bulan memang wajar. Namun jika kram berlanjut hingga menyebabkanmu sulit beraktivitas disertai pendarahan dalam waktu panjang, kamu mesti waspada, Bright Friends, karena bisa jadi kamu mengalami kista endometriosis.

Endometriosis adalah kondisi di mana lapisan endometrium yang seharusnya terdapat pada kandungan tumbuh di luar rahim. Pada endometriosis, lapisan yang menyerupai endometrium tersebut memberi respons terhadap siklus menstruasi. Jadi, saat penderita kista endometriosis mengalami menstruasi, endometrium akan ikut luruh sehingga menyebabkan kontraksi yang berkali lipat dan pendarahan yang jauh lebih banyak dibandingkan kondisi normal.

Gejala umum endometriosis bisa dirasakan dari kram atau nyeri haid yang sangat menyakitkan—dan bisa memburuk dari waktu ke waktu—nyeri panggul, sakit saat melakukan hubungan seksual atau sesudahnya, sakit yang berhubungan dengan usus, sulit buang air besar selama menstruasi, periode menstruasi yang panjang, dan ketidaksuburan atau kemandulan.

Penyebab endometriosis sendiri masih belum diketahui secara pasti, dan para peneliti masih menelaah berbagai kemungkinan, mulai dari penyebabnya secara genetik hingga pengaruh lingkungan. Perkembangan pengobatan endometriosis juga masih terus diupayakan mulai dari pemberian hormon sintetis hingga operasi.

Satu-satunya jalan untuk mengatasi endometriosis adalah memeriksakan diri ke dokter kandungan agar ditemukan pengobatan yang sesuai, mengingat endometriosis adalah penyakit kambuhan. Jika dibiarkan, penyakit ini akan mengganggu kekebalan tubuhmu, juga menyebabkan infertilitas. Untuk mencegahnya, kita juga bisa memulai pola hidup sehat, menghindari makanan yang mengandung bahan kimia dan pengawet, juga memperbanyak olahraga.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *