Gejala Penyakit Diabetes Melitus yang Wajib Kamu Ketahui

Gejala Penyakit Diabetes Melitus yang Wajib Kamu KetahuiDiabetes melitus merupakan suatu jenis penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah, ini dikarenakan adanya gangguan pada produksi hormon insulin atau kerja dari insulin ataupun keduanya. Pada tubuh pasien yang menderita penyakit diabetes tidak mampu memproduksi atau merespons hormon insulin tersebut oleh pankreas, sehingga kondisi ini menyebabkan terjadinya peningkatan gula darah dan sekaligus menyebabkan terjadinya konflikasi pada tubuh pasien tersebut.

Penyakit diabetes melitus sendiri terbagi menjadi 3 tipe yaitu diabetes melitus tipe I, II dan Gestasional. Pada tipe diabetes tipe I sering kali di alami oleh mereka yang berusia muda dan bahkan anak-anak. Untuk keberlangsungan hidupnya, pasien ini membutuhkan insulin dari luar tubuh. Untuk diabetes tipe II sering dialami oleh mereka yang berusia diatas 30 tahun, memiliki berat badan berlebih atau memiliki pola hidup yang tidak sehat. Sedangkan diabetes tipe gestasional yaitu penyakit diabetes yang sering dialami oleh ibu hamil, karena disebabkan oleh adanya gangguan terhadap toleransi glukosa pada pasien tersebut. Namun biasanya penyakit ini akan hilang dengan sendirinya setelah proses persalinan.

Saat ini jumlah dari penderita diabetes tipe II sudah semakin meningkat, ini dikarenakan pola hidup mereka yang tidak sehat seperti pola makan yang tidak sehat, memiliki berat badan berlebih dan juga jarang sekali melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Penyakit diabetes tipe II dapat ditandai dengan beberapa gejala awal seperti :

  • Sering merasa haus dan lapar yang berlebih
  • Sering buang air kecil
  • Terjadi penurunan berat badan secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas

Diagnosis awal yang diterapkan pada pasien diabetes tipe II ini yaitu dilakukan pemeriksaan kadar gula darah, yakni pada saat setelah 8 jam berpuasa atau gula darah sewaktu.

Penyakit diabetes ini pada dasarnya tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikontrol agar gula darah tidak kembali naik. Karena jika kadar gula darah tidak terkontrol atau kadang tinggi kadang rendah atau bahkan terlalu rendah, maka dapat menyebabkan terjadinya komplikasi pada pasien itu sendiri.

Maka dari itu, bagi anda yang beresiko menderita penyakit diabates, sebaiknya anda selalu menjaga pola hidup sehat setiap hari mulai dari pola makan dan gaya hidup.

Demikian ulasan singkat yang dapat kami sampaikan mengenai penyakit diabetes melitus, semoga ulasan singkat ini dapat memberikan banyak manfaat bagi anda semua.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *