Ini Yang Harus diperhatikan Sebelum Mencuci Pakaian

Mencuci pakaian adalah aktivitas yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab mencuci berkaitan erat dengan kebersihan dan juga keawetan pakaian. Jika Anda mencuci ala kadarnya saja tanpa memperhatikan deterjen yang digunakan, bisa – bisa pakaian tidak bersih secara maksimal dan mungkin deterjen tersebut justru merusak serat kain pakaian Anda.

Aktivitas mencuci saat ini memang jauh lebih mudah dibandingkan dahulu. Andil teknologi dalam hal ini mesin cuci benar – benar membantu masyarakat yang setiap harinya disibukkan dengan agenda pekerjaan. Meskipun demikian, tetap saja ada hal – hal yang perlu diperhatikan. Lalu apa saja hal – hal yang harus diperhatikan sebelum dan saat mencuci? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini ya.

pict-of-rinso-matik-1

  • Pisahkan Pakaian Yang Mudah Luntur

Sedikit ribet memang, tapi ketika Anda mengabaikan poin ini, kemungkinan seluruh pakaian Anda akan terkena lunturan dari satu atau dua potong pakaian yang luntur. Untuk menghindari hal tersebut, maka pisahkan terlebih dahulu pakaian – pakaian yang mudah luntur tersebut. Anda bisa menyiasatinya dengan mencuci dua kali periode. Pertama khusus untuk mencuci pakaian yang warnanya tidak luntur, dan periode kedua khusus untuk mencuci pakaian yang warnanya rentan luntur.

  • Bersihkan Noda Yang Kasar

Apabila Anda memiliki waktu mencuci yang terbatas, dan itu artinya Anda harus mencuci seluruh pakaian yang kotor dalam waktu yang bersamaan. Sebaiknya Anda membersihkan noda – noda yang sekiranya bisa dihilangkan tanpa harus menggunakan sabun. Tujuannya apa ya? Tentu saja agar noda tersebut tidak turut mengotori pakaian – pakaian Anda yang lain.

Pakaian yang terkena noda sambal misalnya, dan di pakaian masih terlihat sisa ampas sambal yang menempel, maka bersihkanlah noda tersebut menggunakan tangan. Sebelum akhirnya Anda mencampurkan pakaian tersebut dengan pakaian kotor lainnya.

  • Gunakan Deterjen Yang Tepat

Selain hal – hal dasar di atas, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah deterjen. Kini banyak sekali produk deterjen yang ada di pasaran. Namun tidak semua deterjen tersebut memiliki kualitas yang baik.

Saat memilih deterjen pun Anda harus jeli. Terlebih bila Anda mencuci menggunakan mesin cuci, dimana tidak bisa sembarang deterjen digunakan. Jika mesin cuci yang Anda gunakan adalah mesin cuci jenis bukaan atas, Anda sebaiknya menggunakan rinso matik. Kandungan yang dimilikinya sangat ampuh membersihkan noda dan tentu saja cocok untuk diterapkan pada mesin cuci bukaan atas.

Nah demikian tadi beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mencuci pakaian kotor. Terapkan hal di atas dengan bijak ya, agar Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli pakaian baru karena Anda salah memilih deterjen. Sebaiknya gunakan deterjen yang memang direkomendasikan ya, supaya hasilnya pun memuaskan.

Semoga bermanfaat!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *