Inilah Keutamaan Ibadah Umroh yang Perlu Diketahui

Setiap muslim tentunya ingin sekali datang ke baitullah dan mengerjakan ibadah haji. Namun apa daya, sistem kuota membuat antrean pergi haji menjadi cukup lama. Ibadah umroh pun menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang belum memliki kesempatan untuk berhaji ke tanah suci.

Walaupun ibadah umroh bukanlah ibadah yang utama, tetapi tentunya tidak kalah istimewa dengan ibadah haji. Lalu apa saja keutamaan ibadah umroh? Berikut adalah informasi mengenai beberapa keutamaan dari ibadah umroh :

Umroh menjadi penghapus dosa pada waktu umroh satu hingga umroh berikutnya

Keutamaan ibadah umroh yang pertama adalah akan menjadi penghapus dosa. Allah SWT akan menghapus dosa-dosa diantara pelaksanaan umroh pertama dengan umroh berikutnya. Misalnya 2 tahun lalu kita sudah melaksanakan umroh, selanjutnya berkesempatan lagi untuk melakukan umroh, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa diantara kedua waktu umroh tersebut.

Umroh sebagai jihad bagi orang yang lemah dan juga kaum wanita

Untuk golongan para ibu dan kaum wanita serta mereka yang memiliki fisik lemah pada masa Rasulullah SAW tidak bisa ikut berjihad ataupun berperang. Tetapi mereka masih mendapatkan pahala jihad dengan melaksanakan ibadah umroh.

Jama’ah umroh adalah tamu – tamu Allah yang dikabulkan doanya

Jamaah yang datang untuk beribadah haji dan umroh disebut sebagai tamu Allah SWT. Memang Rasulullah SAW juga menyebutkannya demikian, jama’ah haji dan umroh adalah tamu undangan Allah SWT sehingga apa yang diinginkan tamu akan dikabulkan oleh Allah SWT. Ini adalah salah satu keutamaan dari ibadah umroh.

Wafat ketika menjalankan ibadah umroh maka pahalanya akan dicatat sampai hari kiamat

Bagi orang-orang yang meninggal ketika perjalanan untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh ataupun orang yang wafat dalam keadaan berihram yaitu di tengah pelaksanaan ibadah haji dan umroh, maka akan mendapatkan keutamaan pahalanya akan dicatat sampai hari kiamat.

Ibadah umroh dapat menghilangkan kefakiran

Jika kita melihat orang-orang yang setelah pulang dari haji atau umroh maka akan terlihat kehidupan yang dijalaninya semakin baik. Rezeki yang didapatkanpun semakin banyak dan mengalir terus menerus. Ini adalah termasuk salah satu keutamaan dari ibadah umroh. Biaya yang digunakan untuk bernagkat umroh akan diganti Alah SWT dengan berlipat ganda.

Itu dia beberapa keutamaan dari ibadah umroh. Walaupun tidak serta merta sama dengan ibadah haji, namun ibadah umroh ini tetap menyimpan beragam keistimewaan dari Allah SWT.

Semoga informasi di atas menambah bulatnya niat dan tekad kita untuk melaksanakan umroh.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *