Istilah Yang Sering Muncul Di Asuransi Syariah

Bingung memilih asuransi yang nyaman? Kamu bisa mempertimbangkan untuk melindungi diri dan keluarga dengan asuransi syariah, Bright Friends. Mau tahu kenapa asuransi syariah merupakan asuransi yang membuat nasabah lebih nyaman? Kamu bisa cek alasannya di sini.

Nah, sekarang, supaya kamu nggak bingung dalam memahami sistem kerja asuransi syariah, ada baiknya pelajari beberapa istilah berikut.

Wakalah

Dikutip dari situs futuready.com, jika dilihat dari segi bahasa, wakalah memiliki arti ‘wakil’. Dalam dunia asuransi syariah, wakalah biasanya muncul dengan istilah akad wakalah bil ujrah, yang artinya akad untuk memberikan kuasa (mewakilkan) dari peserta kepada perusahaan asuransi untuk mengelola dana peserta dengan imbalan upah.

Ujrah

Dalam asuransi syariah istilah ini berarti ‘upah’. Pihak asuransi biasanya akan menerima ujrah sebagai imbalan atas jasa pengelolaan dana nasabah.

Tabarru’

Tabarru’ berarti sumbangan. Dana tabarru’ merupakan dana dari peserta asuransi yang disumbangkan ke perusahaan asuransi untuk membantu peserta lain jika terjadi risiko tertentu.

Akad

Akad merupakan perjanjian. Momen ini merupakan momen paling penting, karena saat akad terjadi, kedua belah pihak akan menentukan kesepakatan hingga waktu yang ditetapkan bersama.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *