Ketahui Syarat dan Ketentuannya Agar Pengajuan KTA Disetujui

Ketahui Syarat dan Ketentuannya Agar Pengajuan KTA Disetujui – Keadaan perekonomian negara Indonesia saat ini bisa dikatakan tidak mengalami keseimbangan dimana inflasi terjadi dan semakin menguat. Hal tersebut terbukti dengan semakin meningkatnya harga- harga kebutuhan pokok yang mengakibatkan kebutuhan sehari- hari pun menjadi meningkat. Semakin meningkatnya kebutuhan sehari- hari tersebut yang sering membuat setiap orang kwalahan dalam mengatur keuangan. Sulitnya mengatur keuangan karena semakin meningkatnya kebutuhan tidak di barengi dengan meningkatnya penghasilan atau pendapatan setiap bulannya. Memang banyak sekali cara mengenai bagaimana cara dalam mengatur keuangan ketika kondisi ekonomi sedang tidak stabil. Misalnya saja dengan mengatur dan membatasi kebutuhan dan mengurangi hal- hal yang kurang bermanfaat dan hanya menghambur- hamburkan uang saja. misalnya saja adalah mengganti kebiasaan membeli makanan di luar rumah yang membutuhkan dana atau uang yang banyak dan menggantinya dengan memasak sendiri dan makan di dalam rumah saja. Dengan siasat- siasat seperti itulah yang membantu dalam mengatur keuangan agar tetap stabil dan tidak mengalami kekurangan.Taralite

Namun meskipun sudah di rencanakan sebagaimana baiknya, kebutuhan terkadang tidak dapat ditebak. Ada sebagian kebutuhan yang timbul dan muncul secara tiba- tiba atau tidak pernah terpikirkan. Misalnya saja terjadi kecelakaan atau menjadi korban kriminal. Tentu kejadiam- kejadian seperti yang telah disebutkan akan memerlukan biaya. Padahal jika sebelumnya keuangan sudah di atur dan tidak termasuk pada kejadian tersebut. hal inilah yang sering menjadi masalah. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka melakukan pinjaman menjadi pilihan yang tepat. Banyak produk perbankan yang dapat dipilih sebagai solusi tepat dalam mengatasi permasalahan ekonomi khususnya produk kredit. Produk kredit yang ada dalam perbankan dapat produk kredit untuk pinjaman, untuk keperluan bisnis dan lain sebagainya. Karena untuk menyelesaikan masalah keuangan untuk memenuhi kebutuhan maka produk kredit yang tepat adalah produk kredit untuk pinjaman.Salah satu produk kredit tersebut adalah produk Pinjaman Tanpa Jaminan atau KTA.

Produk Pinjaman Tanpa Agunan ini sangat populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. produk kredit yang satu ini terkenal sebagai produk kredit yang fleksibel tujuannya sehingga banyak diminati oleh banyak orang. selain itu kelebihan lain dari produk kredit yang satu ini adalah tidak menggunakan jaminan atas pinjaman yang diajukan kemudian di beberapa lembaga keuangan, tidak mewajibkan pemohon kredit untuk menyertakan kartu kredit sebagai syarat dalam pengajuan KTA.

Namun meskipun memiliki banyak kelebihan dan kemudahan dalam pengajuan pinjaman tanpa agunan ini tetapi tetap ada syarat dan ketentuan yang wajib untuk dipenuhi oleh pemohon KTA. syarat dan ketentuan tersebut tentu sangat berfungsi dan berpengaruh terhadap diterima atau ditolaknya pengajuan pinjaman tersebut. Syarat dan ketentuan tersebut bukan dimaksudkan untuk mempersulit calon nasabah, namun hanya untuk memastikan bahwa Anda sanggup dan mampu dalam memenuhi kewajiban setelah permohonan pengajuan pinjaman telah disetujui atau dterima. Cukup banyak persyaratan yang wajib di penuhi dalam pengajuan permohonan pinjaman KTA ini. misalnya saja mengenai slip gaji dan jumlah minimal penghasilan yang diperoleh setiap bulan. Syarat- syarat tersebut lah yang  penting untuk diketahui oleh pihak bank atau lembaga keuangan dalam menentukan apakah pengajuan permohonan pinjaman di terima atau di tolak. Untuk lebih rinci mengetahui mengenai syarat dan ketentuan yang ada dalam Pinjaman Tanpa Agunan, berikut kami berikan sedikit ulasan mengenai syarat dan ketentuan tersebut dengan tujuan agar memudahkan Anda ketika mengajukan pinjaman di bank atau lembaga keuangan sejenis. Selamat menyimak.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)

Syarat pertama yang harus dipenuhi ketika melakukan pengajuan pinjaman tanpa agunan ini adalah Anda wajib miliki adalah status Warga Negara Indonesia (WNI). Maka jangan berharap untuk dapat diterima pengajuan permohonan pinjaman Anda jika status Anda buka WNI. Maka dari itu, dengan adanya syarat tersebut Anda akan diwajibkan untuk mengumpulkan  kartu Tanpa Penduduk atau KTP.

  • Usia Maksimum Dan Minimum

Syarat selanjutnya yang menjadi persyaratan wajib dalam pengajuan permohonan pinjaman adalah batas usis. Batas usia yang disyaratkan dalam pengajuan pinjaman tanpa agunan ini adalah minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun. Namun meskipun begitu, tidak semua nya menetaokan batasan tersebut ada pula sebagian lembaga keuangan yang memberikan batas minimal di bawah 21 tahun. Namun batas 21 tahun hingga 60 tahun adalah patokan dalam syarat pengajuan KTA ini. mengapa batas usia menjadi persyaratan wajib? Karena dengan melihat usia, usia 21 tahun sudah menjadi pribadi yang matang sehingga dapat dipertanggung jawabkan jika diberikan kesempatan memperoleh pinjaman. Kemudian untuk batas maksimal adalah untuk menentukan batas usia yang tidak produktif lagi untuk bekerja atau bisa dikatakan bahwa umur 60 tahun sudah tidak dapat lagi dibebani tanggung jawab seperti hutang karena kondisi fisik tentu sudah tidak mendukung lagi. Hal ini lah yang melandasi syarat mengenai batas usia pengajuan pinjaman.

  • Minimum Pendapatan

Selain mewajibkan syarat mengenai status kewarganegaraan dan juga batas usia, karena ini adalah mengenai masalah keuangan maka syarat selanjutnya adalah mengenai pendapatan yang diperoleh oleh nasabah pinjaman. Hal ini tentu sangat penting dan bisa dikatakan bahwa batas penghasilan atau pendapatan inilah yang menjadi acuan apakah pengajuan Anda diterima atau ditolak dan seberapa besar jumlah yang disetujui. Untuk menjadi batasan biasanya yang digunakan dalam acuan dalam batas minimum penghasilan adalah Upah Minimun regional atau UMR. Jadi jika Anda mengajukan pinjaman namun jumlah peghasilan Anda kurang dari UMR maka akan sulit untuk pengajuan Anda dapat diterima. Dan yang perlu diketahui bahwa penghasilan ini merupakan jumlah penghasilan dari suami dan istri jika Anda sudah menikah. Nah, pendapatan ini yang dapat digunakan bank untuk melihat apakah Anda dapat melakukan pembayaran angsuran atau tidak.

  • Limit Pinjaman

Setelah batas penghasilan maka syarat berikutnya adalah mengenai limit pinjaman yang Anda ajukan. Berbeda dengan pinjaman atau kredit lain, Pinjaman Tanpa Agunan ini merupakan pinjaman jangka pendek sehingga limit pinjamannya pun juga lebih rendah dari pinjaman yang lain. jika pinjaman atau kredit lain seperti kredit usaha bisa memberikan limit pinjaman hingga mencapi puluhan atau ratusan juta maka tidak dengan pinjaman ini. Anda hanya akan diberikan limit pinjaman yang remdah yaitu dari 2 juta hingga 10 juta rupiah saja. Nah, ini yang menjadi kelemahan dari pinjaman ini. Hal ini dikarenakan Pinjaman ini tidak mewajibkan nasabah untuk menyertakan agunan maka tidak mungkin jika pihak bank akan memberikan Anda pinjaman dalam jumlah besar jika tidak ada jaminan atau agunan yang menjadi jaminan atas pinjaman tersebut.

Sebenarnya untuk syarat dan ketentuan Pinjaman Tanpa Agunan masing- masing bank berbeda. Namun pada dasarnya 4 hal tersebut di atas yang menjadi acuan dan yang menjadi pokok penting dalam pengajuan pinjaman KTA ini. sebaiknya Anda memenuhi keempat syarat tersebut jika menginginkan pengajuan Anda diterima dan disetujui. Semoga bermanfaat.

Sebagai informasi tambahan anda dapat mengajukan pinjaman melalui taralite dengan persyaratan yang lebih mudah, suku bunga pinjaman mulai dari 0,99% dan limit pinjaman begitu menarik anda dapat mengajukan lebih dari 200 juta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *