Macam-Macam Bisnis Online Yang Menjanjikan

Bisnis Online

Bisnis Online

Dalam dunia yang serba digital seperti saat ini, ada berbagai jenis bisnis yang layak untuk kita jajal. Bisnis online, misalnya, yang merupakan jenis bisnis yang paling mudah untuk dilakoni. Modal yang sedikit ditambah lokasi kerja yang bisa di mana saja menjadi daya tarik tersendiri bagi pelaku usaha online. Bahkan, ada yang nekat memutuskan untuk keluar dari kantor demi fokus menjalani usaha ini. Meski demikian, diantara sekian banyak yang sudah mencicipi manisnya bisnis ini, ada juga yang berkeluh kesah lantaran gagal. Alasannya pun beragam, mulai dari sulit, tidak ada biaya, dan lain sebagainya.

Tidak ada kata instan dalam bisnis online, ketekunan menjadi salah satu komponen utama. Asal mau sabar, anda pasti bisa meraup untung dari usaha ini. Siapa pun dan dari kalangan mana pun dapat menjajal bisnis ini. Tidak ada patokan level pendidikan tertentu. Referensi internet menjadi kiblat utama sebelum memulai bisnis online. Ebook dan kursus online juga dapat dijadikan acuan. Selebihnya adalah semangat dan kreatifitas tanpa batas.

Apa saja jenis bisnis online yang layak untuk dicoba?

  • Google Adsense

Siapa yang tidak kenal dengan produk besutan Google yang satu ini, di kalangan pebisnis online nama Google Adsense sudah sangat tersohor. Banyak yang sudah mencicipi manisnya bisnis Pay Per Click (PPC) ini. Ada beberapa langkah yang harus anda lalui untuk menjadi publisher Google Adsense. Pertama pastikan bahwa anda sudah memiliki website. Kedua, Daftarkan lah terlebih dahulu website anda di www.google.com/adsense . Setelah itu, jika anda diterima, masuklah ke pengaturan Google Adsense untuk mendapatkan kode yang nantinya akan dipasang di website anda. Secara teknis, semakin banyak orang yang mengklik iklan anda maka semakin besar juga potensi anda mendulang rupiah dari program tersebut.

  • Membuka space iklan di website

Jika anda memiliki sebuah website yang sudah memiliki rekam jejak yang baik di search engine, tidak ada salahnya untuk mencoba menawarkan jasa pemasangan iklan pada website anda. Biasanya, para pemasang iklan akan terlebih dahulu menilik jumlah visitor atau traffic pada website anda. Jika sesuai dengan kriteria pasar pada umumnya, tentu hal tersebut akan menjadi pertimbangan tersendiri.

  • Affiliate

Secara teknis, program web Affiliate adalah ketika seseorang ikut mempromosikan produk dari website orang lain. Clickbank, misalnya yang membuka program tersebut. Modal yang perlu digelontorkan pun terbilang cukup rendah. Cukup dengan memiliki website dan memahami seluk beluk aktivitas digital marketings, anda sudah bisa memulai bisnis affiliate ini.

  • Reseller

Menjadi reseller dari sebuah produk tertentu adalah pilihan yang paling banyak diambil oleh pelaku bisnis online. Cukup dengan memanfaatkan social media seperti Facebook, BBM dan lainnya anda sudah bisa mencoba bisnis ini. Hal lain yang perlu anda siapkan sebelum menjadi seorang reseller handal adalah modal yang cukup. Sebab, anda harus membeli produk tersebut terlebih dahulu sebelum menjualnya kembali. Reseller berbeda dengan dropshipper di mana seorang dropshipper tidak diharuskan untuk membeli produk yang ingin dijual.

  • Menjadi penulis

Bagi anda yang memiliki hobi menulis tidak ada salahnya menkonversi hobi tersebut menjadi pundi-pundi rupiah. Anda bisa mempromosikan jasa tulisan anda secara online, baik melalui website pribadi atau pun forum-forum seperti kaskus.co.id dan ads.id. Apalagi, jika anda mahir berbahasa inggris, anda dapat menawarkan tulisan dalam Bahasa tersebut dengan tawaran harga yang lebih tinggi. Syukur-syukur jika ada yang mengontrak anda dalam jangka waktu tertentu dengan tawaran harga yang menarik.

Demikian lah beberapa jenis bisnis online yang layak untuk anda coba. Sabar dan konsisten menjadi resep utama dalam menjalankan bisnis digital ini. Pelajari terlebih dahulu segmentasi pasar bisnis anda agar semuanya lebih terarah. Belajar dari pengalaman orang lain juga menjadi komponen penting lainnya untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *