Obat Alami Untuk Mengatasi Penyakit Demam Berdarah

Jus jambu biji merah menjadi minuman favorit bagi mereka yang menderita demam berdarah. Namun nyatanya masih banyak obat alami yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi penyakit ini.

Air kelapa muda

Khasiat air kelapa muda sebagai cairan yang kaya akan zat elektrolit sudah diakui oleh Badan Pangan Dunia PBB. Air kelapa muda kaya garam, gula, vitamin, mineral kalium, sodium, klorida, dan magnesium sangat dibutuhkan oleh mereka yang kekurangan cairan. Hindari penambahan gula ataupun sirup untuk mendapatkan khasiat air kelapa muda maksimal.

Jus buah

Jus bisa menjadi pilihan berikutnya untuk membantu menambah cairan dalam tubuh. Nggak melulu harus jus jambu biji merah, Bright Friends. Kamu bisa memilih buah lain, seperti pepaya, jeruk, dan buah naga. Kadar air dalam buah cukup tinggi, 65–92% sehingga bisa menutupi kekurangan cairan.

Alang-alang
Menurut Dr. Setiawan Dalimartha dalam buku Ramuan Tradisional untuk Pengobatan Hepatitis, alang-alang sudah umum digunakan sebagai obat, bahkan dipatenkan di luar negeri. Dilihat dari kandungan di dalamnya, alang-alang bersifat antipiretik (menurunkan panas), diuretik (meluruhkan kemih), hemostatik (menghentikan perdarahan), dan menghilangkan rasa haus.

Daun dewa

Daun ini dikenal kaya dengan berbagai kandungan kimia, seperti saponin, minyak asiri, flavonoid, dan tanin yang berfungsi sebagai anticoagulant (mencairkan bekuan darah), menghentikan perdarahan, menghilangkan panas, serta membersihkan racun. Kalau kesulitan menemukan daun dewa, kamu bisa mengunjungi toko obat Tiongkok yang menyediakan daun dewa dalam bentuk kapsul.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *