Pemahaman Yang Salah Saat Mengelola Keuangan

Masih banyak pemahaman yang salah saat mengelola keuangan. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada pengeluaranmu, Bright Friends. Bukannya berhemat, bisa-bisa kamu malah melakukan pemborosan tanpa kamu sadari.

Misalnya, selama ini kamu selalu menggunakan uang tunai karena menurutmu bertransaksi dengan uang tunai lebih aman. Padahal, uang tunai membuatmu lebih sulit mengatur keuangan karena susah dilacak, kecuali jika kamu rajin membuat catatan pengeluaran. Bergantung pada transaksi tunai juga akan menyulitkanmu jika berbelanja secara online. Jadi, sebaiknya seimbangkan pengeluaran dengan uang tunai dan maupun kartu debit dan kartu kredir.

Selain itu, banyak juga orang yang beranggapan jika DIY (Do It Yourself) project lebih hemat dibandingkan dengan membeli barang yang sudah jadi. Padahal, terkadang harga bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan proyek tersebut lebih mahal.

Atau, apakah kamu tipe orang yang lebih suka memilih barang-barang murah? Sebenarnya, nggak ada salahnya membeli barang dengan harga sedikit lebih mahal tapi berkualitas. Barang yang murah tapi cepat rusak malah bisa menggagalkan misi berhematmu, Bright Friends, karena kamu harus membeli barang yang sama berulang kali dalam jangka waktu pendek.

Sebenarnya, cara yang paling tepat untuk mengelola keuangan adalah dengan lebih cermat, teliti, cerdas, dan mau terus belajar mengenai perencanaan keuangan. Dengan pengetahuan yang cukup soal keuangan, kondisi finansialmu pun akan lebih teratur, sehat, dan masa depan kian terjamin.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *