Penyebab Warna Kulit Belang Pada Ibu Yang Sedang Hamil

Perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh juga berdampak pada perubahan fisik, salah satunya adalah warna kulit yang nggak merata, ditambah munculnya stretchmark di beberapa tempat. Apa penyebab dan dampaknya?

Ternyata, bukan hanya hormon yang menyebabkan perubahan warna kulit pada ibu hamil, melainkan juga perubahan sistem imun. Kemungkinan apakah kamu akan memiliki masalah dengan kulit saat masa kehamilan bisa dilihat berdasarkan riwayat keluarga. Jika kakak atau ibumu mengalami permasalahan dengan kulit, kemungkinan besar kamu pun akan mengalami hal yang sama ketika mengandung.

Bila kamu sudah memiliki masalah dengan kulit sebelum mengandung, kondisi tersebut bisa jadi lebih buruk atau bahkan lebih baik saat hamil. Namun kamu nggak perlu khawatir karena ini sama sekali nggak berbahaya. Permasalahan kulit yang harus diwaspadai adalah saat perubahan warna disertai dengan keluhan lain, seperti nyeri atau kemerahan. Kalau sampai terjadi, sebaiknya segera temui dokter anak atau bidan untuk mengetahui penyebab dan penanganannya.

Kecuali stretchmark, hampir semua perubahan warna kulit yang terjadi selama hamil akan hilang beberapa bulan setelah kamu melahirkan. Jadi, nggak perlu khawatir juga melihat beberapa area kulit tubuhmu mengalami perubahan, karena semua akan kembali seperti semula dengan perawatan kulit secara teratur.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *