Tanda-Tanda Orang Yang Mudah Berutang

Meminjam uang untuk keperluan mendadak memang tidak ada salahnya, apalagi jika kamu berjanji mengembalikannya tepat waktu. Namun jangan dijadikan kebiasaan, karena utang yang menumpuk bukan hanya menjadi beban pikiran, melainkan juga membuatmu kehilangan teman. Ini tanda-tanda orang yang mudah berutang, apakah ada temanmu yang memiliki ciri tersebut, atau justru ada padamu?

Tak mau kalah dengan orang lain

Orang yang sering berutang cenderung nggak mau kalah dengan orang lain. Ia dengan mudah membeli sesuatu hanya karena orang lain menggunakannya. Padahal, barang itu nggak benar-benar diperlukannya. Jika kamu memiliki kecenderungan seperti ini, sebaiknya berpikir dua kali sebelum memutuskan membeli sesuatu.

Tidak realistis

Keinginan yang setinggi langit berbanding terbalik dengan kenyataan. Orang-orang yang mudah berutang biasanya memiliki kebiasaan ini. Nggak salah memang memimpikan tinggal di rumah mewah atau jalan-jalan ke luar negeri. Namun pikirkan kembali apakah pemasukan sudah cukup untuk membayar semua hal tersebut?

Membeli barang-barang yang tak dibutuhkan

Lapar mata saat sale dan sulit menahan diri melihat barang-barang mahal bisa jadi awal dimulainya utang. Mungkin kamu beranggapan nggak apa-apa menggunakan kartu kredit sepuas mungkin jika mampu membayar lunas tagihannya. Akan tetapi, jika hal ini dibiarkan terus menerus, suatu saat akan menjadi nggak terkontrol dan pinjaman pun membengkak.

Tak memiliki tabungan dan anggaran

Orang yang senang berutang biasanya nggak memprioritaskan tabungan. Pinjam sana-sini untuk membayar pengeluaran, atau istilahnya gali lubang-tutup lubang, jadi kebiasaan buruk untuk menutupi utang. Selain itu, orang dengan kebiasan berutang umumnya nggak memiliki anggaran, bagi mereka lebih baik mengikuti arus daripada harus rumit-rumit membuat anggaran.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *