Tips Membeli Onderdil Motor Asli

Tips Membeli Onderdil Motor Asli

Menjaga performa kendaraan dengan menggunakan onderdil motor yang berkualitas tinggi sesuai kebutuhan sangatlah penting. Pilihlah onderdil yang asli agar fungsi dan manfaat suku cadang yang Anda cari bisa diperoleh dengan baik. Sebab, maraknya peredaran onderdil palsu yang kualitasnya rendah membuat Anda harus lebih selektif dalam memilih. Jika salah sedikit, tentu saja pengaruh yang timbul bisa membuat kinerja mesin motor menjadi lebih buruk lagi. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membeli onderdil yang asli agar Anda tidak keliru dengan banyaknya barang palsu yang beredar saat ini, antara lain:

  1. Amati kemasan onderdil.

Keaslian suatu produk onderdil bisa dikenali dengan memperhatikan kemasannya sedetail mungkin. Onderdil asli memiliki cetakan warna tulisan yang jelas dan tajam, ada pula ciri khusus yang tertera pada masing-masing kemasan. Biasanya ciri tersebut berupa hologram yang menunjukkan keaslian dari onderdil kendaraan. Selain itu, mengetahui keaslian onderdil asli juga bisa dilakukan dengan memperhatikan part number yang tertera di bagian kemasan. Onderdil asli memiliki part number yang benar dan persis dengan keterangan yang tertera di buku manual.

  1. Perhatikan detail komponen onderdil.

Komponen yang digunakan pada onderdil asli tentu berbeda dengan komponen onderdil palsu. Onderdil asli memiliki komponen yang kuat karena dibuat dari pabrik yang terpercaya. Sedangkan komponen onderdil palsu terlihat jauh lebih ringan dan berkualitas rendah karena terbuat dari bahan komponen yang kurang asal-asalan. Selain itu, detail lekukan komponen onderdil asli juga terlihat lebih profesional, sedangkan komponen onderdil palsu terkesan kasar dan tidak kuat.

  1. Perhatikan garansi.

Garansi suatu produk onderdil motor yang Anda beli sangatlah penting. Pastikanlah garansi yang diberikan oleh dealer onderdil yang Anda beli adalah garansi resmi dari produsen produk onderdil tersebut misalnya seperti Yamaha, Honda, Suzuki dan lain-lain. Jika dealer hanya memberikan garansi toko, Anda perlu mempertanyakan keaslian dari produk onderdil yang Anda beli. Dengan demikian, garansi yang Anda peroleh pun dapat dipertanggungjawabkan dan bukan sekedar garansi.

  1. Bandingkan harga masing-masing.

Harga yang ditawarkan untuk onderdil berkualitas tentu relatif tinggi. Namun hal ini sesuai dengan kapasitas dan kualitas yang dimiliki. Oleh karena itu, janganlah terburu-buru tertarik dan tergiur untuk memilih harga onderdil yang murah untuk mendapatkan produk berkualitas tinggi. Karena biasanya, onderdil palsu ditawarkan dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga asli untuk menarik perhatian pembeli.

  1. Lakukan servis di bengkel resmi.

Untuk menjamin keaslian dari produk onderdil yang Anda beli, jalan terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan servis rutin di bengkel yang resmi. Berbagai suku cadang atau onderdil asli tentu dijamin tersedia dari bengkel yang terdaftar sebagai bengkel resmi. Anda tak perlu ragu dan khawatir dengan maraknya peredaran onderdil aspal yang ada di pasaran saat ini apabila servis motor dilakukan di bengkel yang resmi. Selain itu, perawatan servis motor yang Anda lakukan pun semakin terjamin berkat mekanik yang ahli.

Itulah beberapa tips membeli onderdil motor asli yang perlu diketahui. Macam-macam cara di atas perlu dilakukan agar onderdil yang Anda butuhkan bisa dipenuhi dengan baik. Fungsinya yang maksimal karena berasal dari produsen asli membuat kinerja kendaraan kesayangan Anda semakin mumpuni. Dengan demikian, budget perawatan motor yang Anda keluarkan pun tidak sia-sia karena onderdil yang digunakan adalah onderdil asli yang berkualitas tinggi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *