Tips Mencegah Virus Zika Dari Hal Yang Sangat Kecil

Wabah virus zika dari Brazil tengah menyedot perhatian dunia. Lonjakan bayi lahir cacat di Amerika Selatan yang diduga akibat virus zika membuat badan kesehatan dunia WHO menetapkan darurat kesehatan internasional.

Walaupun virus zika belum sampai ke Indonesia, nggak ada salahnya kamu mulai waspada dan melakukan pencegahan mengingat belum ada vaksin yang bisa mencegah virus tersebut. Virus zika disebarkan melalui gigitan nyamuk aedes aegepti, yang juga menyebarkan virus demam berdarah. Karena itulah, untuk mencegah perkembangbiakannya, kamu bisa mulai dari hal kecil, sesederhana menjaga kebersihan rumah.

Mengutip perkataan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Oscar Primadi dalam kompas.com, pencegahan virus zika pada dasarnya sama seperti mencegah demam berdarah. Beliau menyarankan kita memutus rantai nyamuk aedes aegepti dengan memastikan nggak ada genangan air di dalam rumah yang bisa digunakan untuk bertelur. Selain itu, metode pengasapan secara berkala juga bisa diaplikasikan untuk mengusir nyamuk pembawa virus zika ini.

Hingga saat ini pemerintah memang belum mengeluarkan travel warning, tetapi pihak Kemenkes mengimbau warga Indonesia menghindari bepergian ke daerah darurat virus zika untuk sementara waktu, terutama para ibu hamil.

Nah, berhubung saat ini musim penghujan, ada baiknya Bright Friends mengajak seluruh anggota keluarga untuk bekerja sama membersihkan rumah dari genangan air dan tumpukan barang nggak terpakai. Siap menjadwalkannya secara rutin mulai akhir pekan nanti?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *