Tips Menerapkan Sstim Keuangan Syariah Dalam Kehidupanmu Sehari-Hari

Memilih produk perbankan syariah sudah, kini saatnya menerapkan sistim keuangan syariah dalam kehidupanmu sehari-hari. Nggak susah kok, Bright Friends.

Perencana keuangan Aidil Akbar dalam bukunya, Dasar Dasar Merencanakan Keuangan Keluarga Secara Syariah dan Muda Kaya Raya Tua Sejahera Meninggal Masuk Surga (Insya Allah), mengatakan bahwa prinsip syariah juga bisa diterapkan dalam merencanakan keuangan. Sayang jika produk perbankan syariah yang sudah kamu pilih nggak ditopang dengan penerapan keuangan syariah dalam keseharian.

Jauhi utang

Agar keuanganmu sehat, sebisa mungkin hindari transaksi yang melibatkan metode pembayaran dengan cara utang. Kalaupun harus berutang, jangan sampai lebih dari 30% dari total pemasukanmu perbulan. Hindari juga utang yang bersifat konsumtif.

Say no to boros!

Cermatlah dalam pengeluaran. Cermat bukan berarti pelit, Bright Friends. Sikap nggak boros berarti lebih bisa memilah pos mana yang memang diperlukan dan pengeluaran mana yang masih bisa ditunda.

Hindari menimbun

Ini nih yang juga harus dihindari. Beberapa orang kerap meyimpan atau menimbun barang agar ketika masa sulit tiba, ia nggak harus merasakan kesulitan. Misalnya, kamu selalu menyimpan beras lebih setiap bulannya dengan harapan saat beras sedang langka, kamu nggak akan susah atau bahkan justru bias mengambil keuntungan dari situasi tersebut.

Konsep berbagi

Perlu kamu tanamkan bahwa ada hak “mereka yang kurang beruntung” dalam hartamu. Jadi, jangan lupa selalu menyisihkan penghasilanmu untuk bersedekah setiap bulan, Bright Friends.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *