Tips Mengajak Anak Berkenalan Dengan Makanan Sehat

Si kecil picky eater, dengan kata lain lebih suka jajan dan ngemil dibandingkan makan sayur dan buah? Kalau begitu, sudah saatnya ia diajak berkenalan dengan makanan sehat, Bright Friends.

Jelaskan manfaat dari makanannya

Berikan penjelasan singkat mengenai manfaat mengonsumsi makanan sehat. Misalnya, saat ia makan bayam, jelaskan bahwa bayam mengandung potassium yang baik untuk energi, dengan bayam ia bisa lebih bersemangat lagi saat bermain dan berolahraga.

Hindari mengotak-kotakkan makanan menjadi “enak” dan “tidak enak”

Mengotakkan makanan enak dan nggak enak hanya membuat si kecil menjadi pemilih. Sebaiknya, jelaskan bahwa sayur, buah, dan ikan adalah makanan yang baik dikonsumsi setiap hari, sedangkan keripik dan permen nggak baik dikonsumsi setiap hari karena mengandung bahan pengawet yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Ajak anak terlibat dalam proses memasak

Dengan membiarkan si kecil aktif memilih makanan sehat untuknya sendiri, ia merasa dilibatkan dan lebih dihargai. Selain itu, ia juga akan terbiasa dengan menu yang penuh gizi sedari dini.

Sajikan menu dengan kreatif

Kreativitasmu dalam menyajikan makanan akan membuat si kecil senang mengonsumsi makanan sehat. Coba sajikan sayuran dengan bentuk tokoh idola mereka, kemudian ajak mereka berbicara tentang kandungan gizi dari makanan tersebut. Dengan bentuk dan penjelasan yang menarik, si kecil pun akan lebih menyukai makanan sehat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *