Tips Mengenalkan Huruf dan Angka Pada Anak Usia Dini

Orang tua mana yang tidak akan bahagia sekaligus bangga melihat buah hatinya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Demikianlah naluri alamiah yang akan dirasakan oleh orang tua dimana saja pun berada ketika melihat anak – anak semakin pintar dan menggemaskan. Akan menjadi nilai plus tersendiri saat orang tua mengerti kapan anak berada pada masa Golden Age – nya.

Yup, Golden Age atau usia keemasan ini menjadi momen yang tak bisa terulang lagi. Oleh karena itu Anda sebagai orangtua harus memanfaatkan momen ini dengan baik. Lalu bagaimana cara memanfaatkan momen ini dengan baik? Bukankah hingga sekarang mengenalkan huruf dan angka sejak dini masih menjadi perdebatan? Nah loh.

Tenang saja bunda, ketika Anda memperkenalkan huruf atau angka kepada anak tapi dengan cara yang menyenangkan, si kecil tentu akan menikmatinya. Misalnya saja Anda mengajak anak belajar sambil bermain, pasti anak juga akan senang dan merasa tidak sedang diajak belajar.

Untuk itu berikut akan kami paparkan mengenai tips mengenalkan huruf dan angka pada anak usia dini dengan cara yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Lakukan permainan jari

Mengajari anak usia dini merupakan tantangan tersendiri karena harus memperhatikan usia anak, dimana sangat jauh berbeda dibandingkan mendidik anak usia sekolah atau malah remaja. Namun semua kendala bisa diatasi sebab anak akan menikmati ketika Anda mengajak anak belajar sambil bermain. Salah satunya adalah dengan melakukan permainan jari.

Dalam mengenalkan angka misalnya, bentangkan jari – jari tangan Anda di depan anak, lalu mulailah menghitung mulai dari angka 0 hingga 10. Setelah beberapa kali, ajaklah anak untuk menunjuk jari – jari tersebut satu per satu dan imbangi dengan mengucapkan angka – angka tersebut.

Sedangkan untuk mengenalkan huruf, Anda bisa menyebutkan huruf – huruf dengan hitungan jari – jari. Hentikanlah pada huruf tertentu, misalnya huruf H – Hidung, I – Ikan agar anak lebih mudah untuk mengingatnya.

Gunakan kertas karton sebagai media belajar

Pernahkan Anda ketika sedang mencatat daftar belanja di atas kertas tiba – tiba anak mendekat dan meminta pena? Itu merupakan salah satu tanda bahwa anak secara naluriah paham bahwa pena adalah alat untuk “corat – coret”. Dimulai dari hal sederhana inilah sehingga tidak ada salahnya jika Anda menulis huruf – huruf di atas kertas karton lalu menempelkannya pada dinding.

Selanjutnya sediakan kertas atau buku gambar serta spidol. Lalu biarkanlah anak Anda mengeksplorasi diri. Tapi sebaiknya tetap Anda dampingi dengan memberikan contoh huruf – huruf tertentu. Setidaknya anak sudah mulai diperkenalkan huruf sejak dini.

Kertas warna – warni

Anak menyukai warna yang cerah dan berwarna – warni. Oleh karena itu siapkan kertas warna – warni lalu potong berbentuk persegi. Selanjutnya tuliskan setiap huruf abjad atau angka di atas kertas tersebut (tiap potongan kertas satu huruf atau angka ya).

Lama – kelamaan anak akan terbiasa melihat bentuk huruf atau angka yang ada di kertas. Bahkan dengan metode ini anak bisa mengenal 3 hal sekaligus, yakni warna, huruf dan angka.

Nah itu tadi beberapa cara mengenalkan huruf dan angka kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Poin dari keseluruhan hal di atas sebenarnya berada pada kalimat “belajar sambil bermain”. Jadi Anda sebagai orang tua juga harus berusaha sebisa mungkin untuk lebih kreatif dalam menyulap materi belajar dengan mengemasnya menjadi permainan yang tidak membosankan.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *