Tips Otomotif Merawat Mobil Tua

Mobil TuaTips Otomotif Merawat Mobil Tua – Mengoleksi mobil tua bisa menjadi salah satu hobi yang dimiliki oleh sebagian kalangan pecinta otomotif. Namun perlu disadari bahwa perawatan terhadap mobil tua harus lebih efektif mengingat kondisi mesin dan berbagai hal lainnya yang terus berkurang seiring berjalannya waktu. Untuk itu, Anda perlu mengetahui berbagai tips otomotif yang harus dilakukan untuk merawat mobil tua atau mobil klasik yang Anda koleksi supaya tetap mulus. Berikut ini beberapa tips yang perlu dilakukan untuk merawat mobil tua agar kondisinya tetap bagus, antara lain:

1. Berikan perhatian khusus.

Mobil tua lebih rentan mengalami masalah dibandingkan mobil keluaran baru. Tentu saja, hal ini terjadi mengingat usia mobil yang bertambah dari waktu ke waktu. Untuk merawat mobil tersebut, Anda harus memberikan ekstra perhatian khusus guna menjaga kendaraan dari berbagai macam hal buruk. Periksalah mesin secara rutin untuk memastikan bahwa mobil tetap berada dalam keadaan yang baik guna meminimalisir mobil keluar masuk bengkel karena masalah tertentu.

2. Teliti ketika mengganti oli.

Mengganti oli merupakan salah satu bentuk perawatan kendaraan yang berlaku untuk semua jenis kendaraan, termasuk mobil tua yang Anda punya. Mengganti oli harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kondisi mesin yang tetap sehat. Perlindungan mesin mobil menjadi lebih optimal bila penggantian oli dilakukan dengan cermat. Karena mobil tua membutuhkan perawatan yang lebih ekstra, maka gantilah oli mesin secara berkala sekitar 2.500 km jarak tempuhnya.

3. Amati kabel dan sistem kelistrikan mobil.

Perkabelan pada kendaraan tua tentu sangat rentan mengalami masalah. Resiko konsleting dan gangguan mesin sangatlah tinggi bila kabel-kabel pada mobil tidak diamati dengan seksama ketika akan berkendara. Pastikan kabel dalam kondisi aman dan tidak ada yang mulai rusak. Apabila ditemukan kabel yang sudah mulai mengelupas atau terlihat sedikit rusak, maka gantilah kabel mobil tua Anda dengan kabel yang baru. Tujuan tips otomotif ini adalah untuk menghindari resiko konsleting yang bisa memicu kebakaran pada mesin kendaraan Anda.

4. Rawat cat mobil dengan benar.

Kondisi eksterior mobil menjadi salah satu indikator utama yang menentukan kesan terawat atau tidaknya sebuah kendaraan. Untuk itu, rawatlah cat mobil tua Anda dengan benar. Karena mobil tua cenderung memiliki cat yang sudah pudar, maka lakukanlah pengecatan ulang agar kondisi cat tampak terlihat baru dan tetap menawan. Tampilan mobil tua dengan cat baru yang memukau membuat kesan tampilan mobil menjadi lebih menarik dan juga sedap dipandang. Supaya cat tetap awet dan tahan lama, jangan lupa untuk gunakan penutup mobil ketika mobil tidak digunakan atau sedang di parkir di ruang terbuka.

5. Periksa kaki-kaki mobil.

Suara yang timbul akibat pergerakan kaki-kaki mobil tua yang sudah lama menjadi salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh para kolektor atau pecinta mobil tua. Untuk menyiasatinya, periksalah kaki-kaki mobil secara rutin agar bunyi yang mengganggu tersebut bisa diketahui penyebabnya. Setelah itu, lakukanlah perawatan kaki-kaki mobil secara teratur untuk menghindari suara-suara yang mengganggu ketika berkendara.

Pada dasarnya, merawat mobil tua tidak terlalu susah. Namun dibutuhkan ketelitian dan perhatian lebih untuk menjaga kondisi mesin dan kondisi mobil agar tetap prima. Selain melakukan serangkaian tips otomotif di atas, Anda juga perlu melakukan perawatan mobil tua dengan menjaga kebersihan dan kenyamanannya. Hal ini dilakukan agar berkendara dengan mobil tua tetap terasa aman dan nyaman.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *