Mengenal Tahap Pertumbuhan Anak 3 Tahun yang Lengkap

Usia balita adalah masa emas pertumbuhan manusia. Dimana pada masa balita ini, manusia masih mau masuk dalam tahap usia anak-anak setelah tumbuh dari tahap usia bayi. Di usia 3 tahun ini, anak-anak sudah mulai mengenal bangku sekolah, yakni masuk ke taman bermain Play Group. Untuk pertumbuhan anak 3 tahun ini harus diperhatikan dengan benar oleh orangtua, karena akan ada banyak hal baru di kehidupannya.

Anak sudah mulai banyak mengenal lingkungan sekitar, mengenal benda-benda sekitar, mengenal orang-orang terdekat, bahkan sudah mulai mampu melakukan kegiatan sendirian, seperti makan, minum, menyanyi, ke toilet, dan lain-lain. Pada usia ini motorik anak sudah sangat terlatih.

Masa-masa usia 3 tahun ini jangan sampai terlewat karena ketidaktahuan orangtua akan tahap perkembangan anak di usia 3 tahun. Berikut adalah tahap-tahap pertumbuhan anak 3 tahun yang penting untuk diketahui :

1. Sudah lancar berjalan

Anak usia 3 tahun sudah bisa berjalan, berlari, melompat, memanjat, menendang, dan bahkan sudah bisa naik turun tangga dengan lancar tanpa takut terjatuh. Otot-otot kakinya sudah kuat dan mampu menopang semua aktivitas tubuhnya.

2. Mulai belajar kegiatan baru

Karena memang pertumbuhan anak 3 tahun yang sangat pesat, maka anak usia 3 tahun juga sudah mulai masuk tahap belajar, yakni belajar naik sepeda, belajar memakai baju sendiri, belajar menulis dengan mencorat-coret, belajar menggambar, belajar membuka dan menutup pintu, dan bahkan juga belajar untuk mengenali tebakan-tebakan dari orang-orang di sekitarnya. Anak juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga ia akan selalu bersemangat untuk mempelajari hal-hal baru.

3. Aktif berbicara

Anak usia 3 tahun ini bisa dibilang sebagai usia emas puncak, di mana banyak perkembangan yang diperlihatkannya. Apalagi didukung dengan kemampuan bicaranya yang sudah sangat lancar, sehingga mereka akan lebih mudah mengutarakan keinginan, kemauan, dan unek-unek yang ingin dikatakan.

4. Belajar mengenal diri sendiri dan memperkenalkan diri sendiri

Anak usia 3 tahun sudha bisa menyebutkan namanya sendiri, nama ayah, serta nama ibunya. Ia juga bisa memperkenalkan namanya sendiri terhadap orang lain.

5. Bisa berhitung

Di usia 3 tahun ini, anak akan selalu menirukan apa yang dilihatnya. Menirukan suara, menirukan orang bicara, dan menirukan aktivitas orang lain. Orangtualah yang menjadi idola utamanya. Anak sangat mudah untuk diajari, utamanya diajari untuk berhitung. Dengan lancarnya, setiap melihat benda, mereka akan berhitung sesuai dengan apa yang telah dipelajarinya. Mungkin hanya sampai angka 10 saja.

6. Pintar bermain peran

Inilah salah satu dari tahap pertumbuhan anak 3 tahun yang sangat penting, karena selain mereka bisa menirukan apa yang mereka lihat dan dengar, mereka juga bisa memerankannya persis. Ketika bermain boneka, misalnya, mereka akan memerankan dirinya seolah-olah sebagai boneka itu sendiri.

7. Memiliki keahlian problem solving

Problem solving yang dikuasai anak suai 3 tahun masih sederhana. Masih berkaitan dengan hal-hal yang biasa, seperti mengambil mainan yang jatuh di atas meja, menaruh bola agar tidak menggelinding kemana-mana, dan lain-lain.

8. Berani

Anak usia 3 tahun belum memiliki rasa takut atau phobia, selama mereka belum memiliki pengalaman buruk akan suatu hal. Mereka akan selalu mencoba untuk mencari tahu hal-hal yang baru tanpa adanya rasa takut sedikit pun.

9. Pintar berekspresi

Karena masih anak-anak, maka anak usia 3 tahun akan sangat dekat dengan ibu dan ayahnya atau orang-orang yang dilihatnya setiap hari. Mereka tidak akan segan untuk mencium atau bermanja ria sebagai ungkapan rasa kasih sayangnya.

Masih banyak lagi contoh tahap pertumbuhan anak 3 tahun yang perlu kita ketahui, karena memang diusianya yang baru 3 tahun ini, mereka sedang aktif-aktifnya. Beri kebebasan anak untuk mengeksplor dunianya sendiri namun tetap diawasi. Masa kanak-kanak tidak akan terulang kembali dalam hidup seseorang, oleh karena itu pastikan kita menjadi orang tua yang memahami dunia anak. Biarkan anak berkembang dan tumbuh sesuai dengan usianya. Dampingi mereka agar menjadi anak yang tumbuh dengan sehat dan cerdas.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *